Jumat, 19 Februari 2010

artikel film I-ROBOT

Pada film ini diceritakan bahwa dunia sudah mencapai tahun 2035, pada jaman tersebut semua orang didunia bergantung pada robot, yang telah diprogram, dalam melakukan aktifitasnya sehari-hari dan tidak membahayakan bagi manusia.
Namun ada orang yang tidak berpikir demikian, yaitu Del Spooner (Will Smith), yang bekerja sebagai detektif yang khusus menangani kasus-kasus pembunuhan di Chicago. Ia tidak menyukai robot dalam segi peri kehidupan manusia dikarenakan apa yang Ia alami sendiri ketika Ia mengalami kecelakaan, dimana robot tersebut, lebih memilih menyelamatkan dia dari pada seorang perempuan yang berada dimobil yang sedang tenggelam, dikarenakan menurut penghitungan robot tersebut peluang Ia untuk selamat lebih besar daripada si perempuan tadi.
Terlepas dari kejadian tersebut, Spooner menerima telefon dari pusat pembuatan robot di Amerika Serikat mengenai kematian seorang ilmuwan, Dr.Alfred J. Laning (James Cromwell) pendiri dan pemilik dari USR atau U.S Robotics, Spooner mencurigai bahwa kematiannya karena dibunuh. Kemudian dengan dibantu oleh Susan Calvin (Moynahan) seorang robopsycologist USR untuk mengungkap misteri pembunuhan tersebut. Tidak seperti robot yang lama, robot USR yang baru NS-5 dikontrol oleh perusahaan super komputer VIKI (Virtual Interactive Kinetic Intelligence) yang memiliki intelegensi, kemandirian yang menyerupai manusia, Sonny (Tudyk), dicurigai sebagai pembunuh Laning.
Sebagai super komputer pengendali robot, VIKI memutuskan dalam perintah untuk melindungi manusia bahwa harus ada manusia yang dikorbankan dan kebebasan harus dikekang, komputer yang menangani NS-5 ini memimpin untuk perobotisasian secara global.
Laning yang mengetahui rencana VIKI ini, dan memerintahkan Sonny untuk membunuhnya dalam rencana untuk mengalahkan komputer. Sonny membuktikan kesetiannya kepada manusia dengan membantu Spooner untuk meloloskan diri dari penjagaan robot VIKI, mereka berhasil menghancurkan otak komputer dengan nanites yang terdapat pada Sonny, lepas dari kontrol VIKI para robot kembali berjalan normal dan infrastruktur di Chicago berjalan normal kembali.
Pemerintah setempat menyatakan bahwa proyek NS-5 dihentikan, tapi diakhir film diimplentasikan bahwa Sonny mungkin menjadi pemimpin para robot.

http://id.shvoong.com/movies/1952886-robot/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar